PROGRAM TOEFL PBT & IBT

TOEFL_3

Pengantar PBT/ ITP TOEFL

Pada umumnya perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS) mengukur kemampuan berbahasa Inggris pelamar internasional dengan menggunakan hasil tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language), yang dikeluarkan oleh ETS (Educational Testing Service) di Princeton.Hasil tes tersebut dipergunakan oleh perguruan tinggi di Amerika Serikat untuk dua tujuan yaitu:

(1) memastikan kemampuan Anda menempuh program studi dengan skor TOEFL minimal yang mereka tetapkan; dan/atau

(2) membantu perguruan tinggi menetapkan apakah Anda dapat langsung kuliah, atau masih harus mengambil kursus peningkatan bahasa Inggris sebelum kuliah dimulai.

 

Perguruan tinggi di AS mensyaratkan hasil tes Internet Based TOEFL atau iBT. Walaupun demikian, sebelum mengambil tes iBT, kami sarankan Anda terlebih dulu mengikuti tes Institutional TOEFL (ITP) yang relatif jauh lebih murah biayanya dibanding iBT untuk memastikan bahwa Anda mampu meraih nilai yang dipersyaratkan. Perlu diketahui tes ITP dikeluarkan oleh lembaga yang sama yang menerbitkan tes iBT yaitu ETS sehingga hasilnya dapat dipercaya untuk mengukur kemampuan Anda di tes iBT.
Setelah menerima nilai ITP, Anda dapat menentukan langkah selanjutnya yaitu mengambil tes iBT karena nilai ITP Anda sudah bagus, atau, kalau nilai ITP belum memenuhi persyaratan, Anda dapat mempersiapkan diri dengan belajar lebih tekun lagi agar dapat meraih angka yang bagus di iBT.
Selain itu, perlu diketahui bahwa banyak perguruan tinggi/  lembaga/ kantor/ perusahaan di Indonesia mensyaratkan tes ITP untuk berbagai keperluan intern mereka seperti misalnya penerimaan mahasiswa, kenaikan pangkat, program training tingkat lanjut dan lain-lain. AMINEF selama ini telah dinilai sebagai lembaga penyelenggara tes ITP yang terpercaya oleh banyak perguruan tinggi/lembaga di Indonesia.

 

1. TOEFL PBT/ ITP

TOEFL PBT (Paper-Based Test) atau lebih dikenal dengan TOEFL ITP adalah Test Bahasa Inggris Standar International yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran dan kelulusan di Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri, dunia kerja atau instansi pemerintahan di Indonesia

Program TOEFL PBT/ ITP di OXFORD dibagi menjadi 6 kelas/ level:

a. Basic

b. Intermediate 1

c. Intermediate 2

d. Advanced 1

e. Advanced 2

f. Listening and Reading Comprehension Class

2. TOEFL IBT

TOEFL IBT (Internet-Based Test) adalah Test Bahasa Inggris Standar International yang dikembangkan dan diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) di United States yang telah diterima lebih dari 8.500 PT, Universitas, & Lembaga di 130 negara di seluruh dunia.

Media pembelajaran: Laptop, PC, LCD dan Proyektor disediakan oleh lembaga

Program TOEFL IBT di OXFORD dibagi menjadi 2 level:

a. TOEFL IBT Focused on Listening And Reading

b. TOEFL IBT Focused on Speaking And Writing